Rangkaian Elektronika dan Mikrokontroller Dasar

Pengenalan Komponen Diode

Diode adalah komponen "semikonductor" yang akan kita perkenalkan pertama kali. Komponen ini berbahan dasar Silkon atau Germanium (kebanyakan berbahan dasar silikon). Pada bahasan ini kita akan sangat menyederhanakan pembuatan dioda, jika akan memperdalam lagi dipersilahkan untuk membaca referensi tambahan yang lain.

  • Bahan Silikon atau Germanium jika di di kotori (dopping) atau "taburi" dengan bahan Alumunium maka akan bersifat kekurangan elektron atau bersifat positip P.

  • Bahan Silikon atau Germanium jika di kotori (dopping) atau "ditaburi" dengan bahan Phospor maka akan bersifat kelebihan elektron atau bersifat Negatif N.
Kalau kedua bahan tersebut di pertemukan maka akan jadi komponen diode (dioda), dimana yang P di hubungkan dengan kaki dan kita namakan Anoda (A), dan yang bersifat N dihubungkan dengan kaki dan kita namakan Katoda (K). 

Pertemuan kedua nya di namakan titik Pertemuan (Junction), karena itu dioda ini dinamakan juga diode pertemuan (junction diode).

Dalam praktek akan kita temukan kaki katoda diberi tanda garis dan jika di gambar secara skema tampak pada gambar sebelahnya.

Sumber : Elektronika Dasar by Bpk. Sarono

Halaman Berikutnya
« Prev Post
Halaman Sebelumnya
Next Post »

Posting Komentar