Rangkaian Elektronika dan Mikrokontroller Dasar

Menyempurnakan Tegangan DC dari Hasil Penyearahan

Pada bahasan lalu kita sudah mengetahui bahwa dengan 1 dioda dapat digunakan untuk mengubah tegangan AC menjadi DC, tetapi tegangan DC nya belum sempurna. 


Dengan 4 dioda yang di rangkaian jembatan, didapat tegangan DC yang lebih sempurna, tetapi juga belum maksimal, karena tegangan DC nya naik turun terus.

Bagaimana jika jika di tambahkan Kapacitor paralel dengan beban ?

Dengan memparalel R beban dengan Kapacitor maka kesempurnaan akan lebih di dapatkan, cara kerja nya adalah sbb. :
Penyearah setengah gelombang:

  1. Saat titik A positip dan D negatif, maka arus mengalir dari A lewat dioda, ke titik C, saat ke titik C ini arus sekaligus melakukan pengisian Kapacitor hingga penuh. Sambil lewat arus nya ke R beban ke titik B dan akhir nya ke titik D. (Arah arus berwarna Biru).

  2. Saat tegangan berbalik arah, tidak ada arus mengalir, tegangan pada beban tidak ada (dari trafo), TETAPI pada saat ini kondensator masih menyimpan muatan, dan berfungsi sebagai battery sementara, dan membuang muatan nya ke R beban, dari titik positip nya capacitor ke negatif nya kapacitor. Kapacitor membuang muatan hingga muatannya habis. (arah arus berwarna merah)

  3. Belum habis muatan kapacitor tegangan sudah berbalik arah lagi A positip dan B negatif, dan kapacitor di isi lagi, dan seterus nya berulang terus menerus.
Berapa nilai Kapasitor agar tidak cepat habis?
Ada hitungannya tetapi secara prinsip saja: Semakin Besar Nilai uF nya makin baik tegangan DC yang di hasilkannya.

Bentuk tegangannya sudah mendekati DC sempurna tetapi karena kemampuan Cap mengisi waktu kosong nya tegangan AC di pengaruhi oleh nilau uF dan nilai R beban nya, makin kecil nilai R beban, tugas Cap untuk mengisi kosong tegangan AC makin berat.

Kalau di gambarkan dengan grafik atau di ukur dengan osiloskop akan didapat tegangan DC hampir sempurna tetapi masih terdapat "kerut kerut tegangan" atau bahas inggeris nya "RIPPLES" seperti tampak pada gambar.

Pada gambar bentuk gelombang : gambar yang atas adalah bentuk gelombang dari titik A dan D (dari Trafo) sedang gambar yang bawah adalah bentuk gelombang dari titik B dan C (pada R beban)
Bentuk gelombang Penyearah setengah gelombang menggunakan Kapasitor dan R beban
Sumber : Elektronika Dasar by Bpk. Sarono

Halaman Berikutnya
« Prev Post
Halaman Sebelumnya
Next Post »

Posting Komentar