Rangkaian Elektronika dan Mikrokontroller Dasar

Fasa dan Arde (bagian 1)

Banyak pertanyaan dan mitos soal tegangan PLN, termasuk soal setrum menyetrum.
Saya akan jawab di postingan kali ini, dengan menerangkan dasar dasar nya dahulu.

Tegangan efektif PLN adalah 220 Volt, tegangan sebesar ini sudah terasa nyetrum dan dapat mematikan. Hati hati.

Dari 2 lubang colokan di PLN ada yang nyetrum ada yang nggak, disebut Fasa dan Arde, saya akan terangkan dari dasarnya ....
Prinsip dasar : Arus akan mengalir dari positip ke negatif, tidak ada arus, maka tidak ada setrum.
Pada AWAL NYA nya kabel PLN kita tidak nyetrum kalau pegang cuma satu kabel (yang manapun dari kabel tersebut). Tetapi dalam banyak hal kabel PLN di alirkan lewat udara (tiang tiang), dimana ilmu fisika mengatakan bahwa petir lebih mudah mengalir ke bumi lewat benda benda yang tinggi, termasuk tiang listrik dan kabel nya. Sehingga rawan jika listrik dari petir menyambar kabel listrik maka listrik dari petir akan masuk ke peralatan listrik dan elektronik ke rumah rumah, nggak terbayang berapa banyak yang akan meledak karenanya.

Untuk itu maka timbul ide untuk mengground kan (menanam salah satu kabel PLN) ke dalam tanah hingga ketemu mata air, maka kabel yang di tanam disebut ARDE (tanah), kabel satu lagi disebut FASA.

Dengan cara ini apabila kabel PLN terkena petir, maka listrik dari petir "cenderung" ke dalam tanah daripada "jalan jalan" masuk ke dalam peralatan listrik/elektronik. Dengan cara ini PLN mengamankan konsumen dari sambaran petir (peralatan listrik nya). Bahkan di rumah dekat meteran PLN di pasang arde tambahan di setiap rumah ... (bagian 1)

Halaman Berikutnya
« Prev Post
Halaman Sebelumnya
Next Post »

Posting Komentar